Minggu, 18 Januari 2009

water fact

Berikut ini beberapa mitos mengenai air putih dan fakta sebenarnya yang harus kamu tau:
1. Mitos : Kita harus minum 8 gelas air sehari.
Fakta : memang benar tubuh kita memerlukan banyak air untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan bila tubuh kekurangan asupan air ia akan “mencuri” kandungan air dari darah ataupun otak. Hal ini yang menyebabkan kita sakit ginjal, karena kerja ginjal akan menjadi sangat berat untuk menyaring darah kental yang ujung-ujungnya dapat melukai dinding ginjal, dan yang paling parah apabila tubuh tak lagi dapat mengambil air dari darah maka ia akan “mencurinya” dari otak. Bias ngebayangin dong akibatnya otak kita jadi mengkerut karena tak lagi memiliki kandungan air. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air tetapi tidak harus 8 gelas karena asupan air yang dibutuhkan masing-masing tubuh berbeda tergantung dari ukuran tubuh, bertanya aktivitas yang dijalani dan suhu lingkungan sekitar. Kebutuhan air dalam tubuh sudah tercukupi apabila air seni telah berwarna kuning pucat dan kita tidak merasa haus, karena haus merupakan salah satu tanda dehidrasi.

2. Mitos : semua air dalam kemasan sama saja.
Fakta : setiap air dalam kemasan memiliki perbedaan, tergantung dari sumbernya. Ada purified water yang berasal dari air keran yang melewati proses penyaringan. Ada Spring water atau mata air yang berasal dari aquifer (lapisan batuan penyimpan air). Ada artesian water yang diambil dari sumber air jauh di dalam tanah. Yang terakhir ada mineral water yang juga berasal dari sumber air bawah tanah tapi tingkat mineralnya lebih tinggi dibandingkan spring water.

3. Mitos : mengkonsumsi air rasa buah sama sehatnya dengan mengkonsumsi air putih.
Fakta : memang benar mengkonsumsi air rasa buah sehat, apabila dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi air sama sekali tetapi mengkonsumsi air putih tetap lebih sehat. Karena air rasa buah mengandung lebih banyak kalori (sekitar 600ml), lebih banyak dibandingkan dengan kandungan kalori sekaleng soda.

1 komentar:

blogojan mengatakan...

thx bu dokter...

hahahahha.... :)